Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

MELESTARIKAN KEBUDAYAAN JAWA SEJAK DINI

Create By 29 December 2017 10 Views
IMG

              Desa Ngargomulyo memiliki berbagai ragam Budaya khususnya dalam kesenian Jawa. Tepatnya di Dusun Sabrang Desa Ngargomulyo terdapat kesenian Jawa yaitu seni karawitan.

              Tidak seperti tempat lainnya seni karawitan yang umumnya dilakukan oleh orang tua, akan tetapi di Dusun Sabrang ini justru anak kecil tidak mau kalah dengan orang yang tua, untuk melestarikan kebudayaan Jawa tersebut.

              Menurut Yatin ( 46 ) selaku kepala Desa Ngargomulyo, kegiatan karawitan anak tersebut sangatlah penting bagi anak, karena kegiatan ini sebagai ajang melestarikan kebudayaan Jawa dan menambah ajang kreatifitas anak dalam kesenian yaitu karawitan.

              Sugiarto ( 60 ) selaku tokoh seniman karawitan di Dusun Sabrang " Saya sangat bangga kepada anak di Dusun Sabrang dengan adanya kegiatan sanggar karawitan anak, karena menjadi generasi penerus seniman karawitan di Dusun sabrang ini" ujarnya.

              Kegiatan sanggar karawitan ini sangat didukung oleh masyarakat Ngargomulyo dan sekitarnya dan hingga instansi forum anak se-Kab Magelang. Kegiatan Sanggar karawitan ini dilaksanakan setiap seminggu sekali yaitu pada hari jumat di sore hari yang dipimpin langsung oleh Muh Nasir. Berkat ketekunannya dalam berlatih karawitan, sehingga dalam kegiatan ajang kreatifitas anak se kabupaten Magelang yang dilaksanakan di Solo mampu meraih juara II dan sekaligus mendapat berbagai penghargaan langsung dari tokoh Seniman asal Solo.

IMG
IMG
IMG